Kuliah Lapangan Padang-Bukittinggi

Kuliah lapangan kali ini sedikit menimbulkan kecemburuan social bagi para mahasiswa angkatan senior (2014 dan 2013). Jika dibandingkan dengan kuliah lapangan para seniornya terlebih dahulu, memang kuliah lapangan tahun ini sedikit lebih berbeda. Tidak tanggung-tanggung untuk angkatan 2015 kuliah lapangan dilaksanakan di luar kota Jambi, tepatnya di Sumatera Barat pada tanggal 10-12 Maret 2017. Ada 2 tempat yang mahasiswa kunjungi, diantaranya adalah Pantai Nirwana yang masih berada di Kota Padang dan Kebun Binatang Kinantan di Bukittinggi.

Kuliah lapangan ini menyatukan praktikum pada beberapa mata kuliah antara lain sistematika invertebrata, sistematika vertebrata, sistematika tumbuhan tinggi dan sistematika tumbuhan rendah. Praktikum sistematika invertebrata, sistematika tumbuhan rendah dan sistematika tumbuhan tinggi dilaksanakan di Pantai Nirwana, sedangkan sistematika vertebrata dilakukan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi. Selama praktikum, praktikan mengumpulkan berbagai macam sampel yang sesuai dengan mata kuliah yang bersangkutan, untuk mata kuliah sistematika invertebrata praktikan mencari berbagai jenis specimen laut yang termasuk ke dalam golongan invertebrata, tetapi ada beberapa specimen yang tergolong vertebrata pun ikut diambil (secara mumpung ketemu pantai… :-D). Begitu juga untuk mata kuliah sistematika tumbuhan rendah dan tinggi, praktikan mengoleksi berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar pantai.

Sementara itu, untuk sistematika vertebrata praktikan mengamati dan mencatat deskripsi berbagai jenis hewan yang ada di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi. Tidak hanya mengamati dan mencatat deskripsi saja, praktikan pun berdiskusi dengan dokter hewan yang bertugas di kebun binatang tersebut. Setelah selesai sesi berdiskusi, mahasiswa pun diberikan kesempatan untuk berjalan – jalan ataupun berbelanja sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Setelah selesai semua kegiatan kemudian kita melanjutkan perjalanan pulang ke Jambi. Next Kuliah Lapangan may be Lampung or Sumut or Babel…..
~ Sayonaraaa Sumatera Barat ~