Matabolit sekunder

Metabolisme pada tumbuhan terdiri dari anabolisme dan katabolisme. Proses anabolisme seperti fotosintesis akan manghasilkan glukosa yang kemudian akan diuraikan menjadi senjumlah senyawa dasar pembentuk senyawa metabolit sekunder. Metabolit primer yang meliputi protein, karbohidrat, lemak akan masuk ke dalam proses glikolisis, siklus kreb dan serangkaian proses lebih lanjut untuk menghasilkan senyawa.Metabolit sekunder pada tumbuhan berkaitan erat dengan metabolit primer. Apabila metabolit primer tidak terbentuk, maka metabolit sekunder juga tidak akan terbentuk.
Metabolit sekunder merupakan hasil metabolisme pada makhluk hidup yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan dihasilkan oleh makhluk hidup itu sendiri, untuk digunakan pada proses perkembangan dan pertumbuhan, serta dibutuhkan oleh makhluk hidup lain untuk kelangsungan hidupnya.
Senyawa metabolit sekunder memiliki sejumlah peranan atau fungsi baik untuk tumbuhan itu sendiri ataupun makhluk hidup lain. Senyawa metabolit sekunder juga dibedakan menjadi beberapa macam.

untuk lebih jelasnya bisa diunduh di link berikut
1. Metabolit Sekunder